Semakin langkanya ketersediaan lahan membuat harga rumah tapak semakin melambung. peningkatan harga juga terjadi untuk wilayah kota Bandung

Rata-rata harga rumah di sekitaran kota Bandung sudah mencapai kisaran 500-600 juta. Rata-rata cicilan KPR untuk jangka waktu 20 tahun saja sekitar Rp 4-5 jutaan. Idealnya untuk membeli rumah dengan cicilan KPR sebesar itu anda harus memiliki penghasilan sekitar Rp 15 juta. Sementara angka segitu sulit dipenuhi oleh kalangan menengah yang gajinya Rp 5-10 juta. Lalu apa sebenarnya yang membuat harga rumah tapak semakin tak terjangkau?

Menurut pandangan Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata selaku pengembang, ada beberapa faktor yang membuat harga rumah kian mahal. Salah satunya adalah komponen non produksi dalam penetapan harga rumah.

“BPHTB misalnya, sekarang kan sudah 1%. Tapi beberapa pemerintah daerah masih menetapkan sebesar 5%. Masalahnya ada di pemerintah daerah, bukan di pemerintah pusat. Ada 400 sekian pemda yang punya pandangan berbeda. Mereka mengandalkan BPHTB sebagai pemasukan daerah,” ujarnya.

Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan atau BPHTB adalah pajak pembelian yang dibebani kepada pembeli rumah. Besarannnya 5% dikali harga harga jual dikurangi nilai jual obyek pajak tidak kena pajak. Besaran tidak kena pajak ini berbeda setiap daerah.

“Kalau BPHTB bisa dibuat mengikuti kebijakan pusat dan dilaksanakan di daerah, misalnya 1% atau bahkan di 0%, itu akan sangat membantu konsumen,” tambahnya.

Tak hanya BPHTB, masih ada sederet komponen biaya non produksi dalam harga jual rumah. Misalnya biaya KPR yang rata-rata 5% dari plafond kredit yang diberikan pihak bank. Di dalamnya termasuk asuransi KPR.

Selain itu ada juga pajak penjual atau pajak penghasilan (PPH) dari pengembang sebesar 2,5% dari harga jual. Unsur ini juga membuat membuat pengembang memutar otak mematok harga jual.

Belum lagi ada biaya notaris yang menyiapkan akte jual beli (AJB) dan akte kredit, dan biaya tetek bengek lainnya yang biasanya dimasukan dalam kandungan harga jual.
“Jika konsumen semakin tidak terbebani biaya-biaya itu, mereka bisa mendapatkan kualitas rumah yang baik juga” tambah Soelaeman.

Nah, kini rumah impian kamu tetap bisa jadi kenyataan. Greenland Ciwaruga, hunian terjangkau di lokasi paling strategis Bandung Utara  memberikan diskon 10% untuk pembelian cash keras dan gratis BPHTB dan AJB untuk pembelian KPR. Tunggu apa lagi? Segera hubungi marketing kami di 0819 3146 7619