Pasar perumahan terus tumbuh seiring berjalannya waktu. Tingginya minat terhadap rumah bergaya Instagrammable menuntut para pengembang untuk menarik kalangan milenial masuk ke dalam pasar properti.

Bahkan, saat ini sebagian besar peminat properti adalah dari kalangan milenial yang menjadi pembeli hunian untuk kali pertama.

Namun, terkadang jalan menuju kepemilikan rumah bisa rumit seperti asumsi bunga yang terlalu tinggi dengan cicilan yang besar ini membuat para milenial enggan untuk memiliki rumah.

Namun, bagi Anda, milenial yang baru pertama kali membeli rumah jangan pernah khawatir. Melansir dari Forbes, Chief Operating Officer KB Home Matt Mandino berbagi tips tentang bagaimana milenial termasuk milenial yang baru pertama kali membeli rumah dapat mempersiapkan diri untuk membeli serta mencari rumah baru.

1. Harga yang bisa dijangkau

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membeli rumah adalah pertimbangkan terlebih dahulu berapa harga rumah yang mampu anda bayar. Bagaimana pula anda bisa konsisten untuk membayar cicilan rumah serta biaya kepemilikan yang berkelanjutan, seperti biaya pemeliharaan rumah.

2. Pertimbangkan jenis rumah

Setelah Anda memiliki daftar hunian yang akan dibeli, pertimbangkan terlebih dahulu jika Anda ingin membeli rumah baru atau bekas. Misalnya, jika ruang tamu bisa lebih fleksibel dengan desain yang dipersonalisasi, serta terdapat fitur hemat energi dan air, biaya pemeliharaan rumah bulanan lebih rendah, maka membeli rumah baru tentu merupakan pilihan yang lebih tepat.

3. Fasilitas dan akses

Jika Anda menyukai suasana seperti pedesaan, carilah rumah dengan fasilitas taman yang besar. Selain itu, pikirkan juga aksess ke sekolah yang mudah untuk anak Anda dengan rute perjalanan yang lebih mudah. Tak hanya itu, pertimbangkan juga fasilitas olahraga di sekitar rumah, bagi Anda yang memiliki hobi berolahraga.